DIKLAT PENYIAPAN CALON KEPALA SEKOLAH SMP KOTA SINGKAWANG TAHUN 2019

1. Seleksi Administrasi
Melengkapi administrasi yang menjadi persyaratan peserta bakal calon kepala sekolah. seleksi dikoordinir oleh bidang GTK dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Singkawang. pendaftar yang memenuhi persyaratan administrasi selanjutnya mengikuti tes substansi.
administrasi bakal calon kepala sekolah 2019

2. Tes Sustansi
Terdiri dari 3 kegiatan yaitu: (1) test tertulis substansi kepemimpinan (2). Wawancara, dan (3) Pengisian AKPK

Pembukaan Tes Substansi Bakal Calon Kepala Sekolah Kota Singkawang yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang, dihadiri kepala LPMP Kalbar, Tim Penguji dari LPMP Kalbar dan LPPKS.

3. Diklat IN 1
Berdasarkan surat undangan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang Nomor 420/504/GTK-A tanggal 04 Oktober 2019 prihal Diklat Penyiapan Calon Kepala Sekolah peserta terlampir dinyatakan lulus tes substansi. dan wajibmelaksanakan diklat penyiapan calon kepala sekolah yang dikoordinir LPPKS dan LPMP kalimantan Barat.
surat undangan diklat dan modul IN1 CKS

Foto bersama Master Trainer Bapak Kusmoro, M.Pd,

Foto bersama Master Trainer Bapak Iwan Supardi, S.Pd. M.Pd.

Penutupan Kegiatan IN 1 sekaligus pelepasan Peserta Diklat Calon Kepala Sekolah untuk melaksanakan kegiatan OJL 1 program 150 JP di sekolah sendiri.

4. On The Job Learning (OJL)
On The Job Learning (OJL) dilaksanakan dalam waktu 200 jp di 2 sekolah magang, yaitu sekolah magang 1 di sekolah sendiri (150 jam) dan sekolah magang 2 disekolah lain yang dapat meningkatkan nilai AKPK peserta diklat (50 jp).
sebelum melaksanakan OJL yaitu diakhir IN1 peserta diminta untuk membuat rencana tindak lanjut (RTL) yang berisi rencana kegiatan yang dilaksanakan pada saat OJL, yang teridiri dari (1). melaksanakan rencana tindak kepemimpinan berupa upaya peningkatan kompetensi guru teman sejawat yang dalat dilakukan dalam bentuk pelatihan/workshop/latihan terbimbing dll. (2) mengkaji 9 aspek manajerial, (3). membuat perangkat pembelajaran, (4). supervisi guru junior dan tendik, (5). peningkatan AKPK.
Setelah pelepasan peserta diklat langsung melapor kepada kepala sekolah tempat peserta bertugas dan menyampaikan RTL yang akan dilaksanakan selama OJL. Laporan diterima kepala sekolah dan meminta peserta mendeseminasikan kegiatan IN1 yang sudah dilaksanakan dan sekaligus mensosialisasikan RTL.
surat OJL 1 diklat penyiapan calon kepala sekolah 2019
RTL yang disusun peserta pada soal OJL di sekolah magang 1 di SMPN 9 Singkawang dan sekolah magang 2 di SMPN 17 Singkawang.

Gambar: Deseminasi IN1 sekaligus Sosialisasi RTK dan RTL Peserta Diklat Penyiapan Calon Kepala Sekolah kepada guru dan kepala SMP Negeri 9 Singkawang

Rapat Penyusunan Panitia RTK, Penentuan Jadwal, dan Peserta workshop


Pelaksanaan RTK dalam bentuk workshop media pembelajaran TIK pembuatan Powerpoint pada 10 guru SMPN 9 Singkawang sebagai perwakilan 10 mata pelajaran pada kurikulum 2013 pada tanggal 24 Oktober 2019 di ruang Lab Komputer.

Mempelajari aspek manajerial Pengelolaan Sarana dan Prasarana SMPN 9 Singkawang dengan narasumber Guru BK+Waka Ur. Sarpras Bpk Rahadhian Dedy Dirgantara, S.Pd.

Mempelajari aspek manajerial pengelolaan keuangan di SMPN 9 Singkawang dengan narasumber Guru PJOK+Bendahara BOS Bpk Oktavianus, S.Pd.


pada saat OJL peserta mendapat bimbingan pelaksanaan kegiatan OJL dan penyusunan laporan kegiatan. sebanyak 2 kali oleh master trainer.

6 IN 2
Pada saat IN-2 peserta mengumpulkan laporan pelaksanaan OJL kepada master trainer, selanjutnya setiap peserta diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil OJLnya di depan kelas yang di saksikan oleh master trainer, unsur Dinas pendidikan dan kebudayaan, LPMP, dan LP2KS.


Peserta diklat mempresentasikan hasil OJL

Usai Presentasi peserta diklat foto Bersama dengan Kabid GTK, LPMP, Kepala Disdikbud, dan Master Trainer

Foto bersama peserta diklat jenjang SMP dengan Master Trainer


Diakhir kegiatan IN-2 ini master trainer mengevaluasi seluruh kegiatan dari IN-1, OJL dampai ke IN-2 yang dilaksanakan peserta.


Comments