MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR MELALUI TEKNIK MENCATAT

"Intelligence organizes the world by organizing itself" (piaget)

Salah satu teknik pembelajaran yg dilakukan guru dalam melaksanakan metode mengajarnya agar siswa dapat mengingat materi pelajaran dengan maksimal adalah dengan memanajemen buku catatannya melalui aktifitas mencatat.

Mencatat adalah langkah mengingat yang dilakukan manusia yang sudah kuno, tidak terlepas dari sejarah huruf. manusia menulis simbol-simbol di dinding gua, di batu prasasti, di kulit binatang, di tulang, di daun, sampai ditemukannya kertas oleh Tsai Lun dari bahan bambu yang mudah didapat di seantero China pada tahun 101 masehi, dan sekarang aktifitas mencatat sudah masuk pada media virtual yg kita kenal dengan ebook .

Teknik mencatat merupakan cara menyimpan informasi atau mengingat dan memanggil kembali informasi ketika dibutuhkan yang melibatkan long term memory manusia.
Beberapa cara mencatat yang dapat diaplikasikan pada proses belajar antara lain:

1. Peta Konsep
mencatat hal penting melalui label untuk menghubungkan sebab akibat atau kausal, biasa ditulis secara hirarki.
contoh petakonsep:

2. Peta Pikiran
Teknik mencatat dengan pemanfaatan pola berfikir otak dengan menggunakan citra visual dan prasarana grafis lainnya untuk menghasilkan kesan yang mudah diingat.
contoh peta pikiran:

3. Pemberian Warna, Simbol, dan Bentuk pada Hal Penting.
teknik mencatat klasikal yang biasa digunakan dengan membuat variasi dalam buku catatan siswa tentang: hal-hal penting, rumus, dll.
contoh penanda catatan:
sumber gambar: https://www.rimma.co

Comments