MENYINGKAT ALAMAT LINK GOOGLE DRIVE SESUAI KEINGINAN KITA DENGAN BIT.LY

Pengalaman berbagi link google drive direpotkan dengan mengingat nama link yang panjang atau karena kode link yang sulit untuk diingat. masalah ini dapat diatasi dengan mengubah link google drive dengan bit.ly. hasil dari bit.ly akan disesuaikan dengan kebutuhan, apakah dibuat singkat atau dibuat mudah diingat.

langkah untuk membuat link bit.ly dapat dikuti dengan tahapan sebagai berikut:

1. Menyiapkan link google drive

untuk membuat link bit.ly dari sebuah link google drive. sudah pasti harus bisa upload file di google drive (pada tulisan kali ini tidak membahas bagaimana membuat file di google drive).
untuk mengambil link google drive ada 2 langkah yg harus dilakukan yang pertama berbagi link google drive dan yang kedua salin link google drive yg dapat ambil dari menu share drive.
sampai tahap ini berarti kita sudah menyiapkan bahan untuk langkah selanjutnya.

2. Log in website bitly.com

untuk membuat link bit.ly kita harus masuk ke website bitly.com dihalaman depan website bitly sudah menyediakan mengkonversi link tetapi nama link yg baru tidak bisa diubah sesuai dengan yg kita inginkan.
supaya bisa sesuai dengan yang diinginkan, kita harus masuk terlebih dahulu dalam wesite bitly. jika sudah punya akun masuk dengan pintu log in, jika belum punya bisa melalui pintu sign up, dari pintu sign up masuk dengan beberapa cara seperti email, akun facebook, akun google, akun twiter.

3.Pilih Create link
Setelah bisa masuk akan tampil akun pribadi kita, lihat dipojok kanan atas ada pilihan create.


Copy link google drive dan tempelkan ke paste long url dan selanjutnya pilih create.

4. Ubah kode alamat bit.ly

Agar yang terbentuk dengan nama sesuai dengan yg kita inginkan (misalnya bit.ly yang terbentuk seperti dalam contoh: bit.ly/aM5yZ kode aM5yZ kita ganti sesuai  keinginan. misalnya diganti dengan bit.ly/latihanku) pada menu customize back-half selanjutnya pilih save.

7. Simpan dan share alamat bit.ly baru sebagai link google drive kita.

link website: https://bitly.com/

Semoga tulisan ini bermanfaat, mohon maaf atas ketidaksempurnaaan tulisan saya, kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan.
terimakasih.

Comments